Sosialisasi Bahaya Narkoba di Car Free Day

    0
    51

    Senin, 5 Mei 2014, JAKARTA – Forum Peduli Korban Narkoba dan HIV/AIDS (FPKNHA) menggelar aksi simpatik mengenai pengguna dan pecandu narkoba agar direhabilitasi dan tidak dipenjarakan. Aksi simpatik ini berlangsung di lokasi car free day Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat, dan menyedot perhatian pengunjung, Minggu (4/5).

    Dalam aksi demonstrasi damai ini, Ketua FPKNHA Syarifudin dan Direktur Peran Serta Masyarakat Badan Narkotika Nasional (BNN)  Brigjen Pol Siswandi bergantian memberikan orasi. Tampak pula aktris Julia Perez dan beberapa perwakilan Ormas anti narkoba lainnya ikut menyampaikan orasi,‰ÛÏPengguna dan pecandu narkoba adalah korban yang dianggap orang sakit. Karena itu, mereka berhak untuk disembuhkan melalui rehabilitasi,‰Û tegas Syarifudin.

    Memenjarakan pengguna dan pecandu narkoba justru menambah beban persoalan, katanya. Penjara akan kelebihan kapasitas karena seluruh pengguna dan pecandu dimasukkan rutan dan lapas,‰ÛÏPengguna dan pecandu narkoba juga tidak memiliki harapan pulih, kemungkinan besar mereka berubah perilakunya menjadi lebih dari sebelumnya karena penjara tempat berkumpulnya para pelaku kejahatan,‰Û terang Syafudin.

    Melalui rehabilitasi, tambahnya, pengguna dan pecandu mendapatkan pelayanan sesuai aturan medis yang menjadi haknya. Mereka memiliki kesempatan pulih direhabilitasi untuk meraih masa depannya kembali,‰ÛÏPengguna dan pecandu narkoba harus ditolong, jangan sampai hancur lebih jauh hidupnya,‰Û tandasnya.

    Dalam orasinya, Syarifudin juga mengajak seluruh komponen mewujudkan terlaksananya secara baik kebijakan rehabilitasi kepada pengguna narkoba. Sebab hal  ini merupakan perintah UU Narkotika yang wajib direalisasikan,‰ÛÏBaik itu LSM, kepolisian, BNN, kalangan masyarakat, serta aparatur pemerintah lainnya tidak boleh tawar menawar dalam amanat UU,‰Û lugasnya.

    Sedangkan Siswandi mengungkapkan, pengguna dan pecandu narkoba telah kehilangan masa lalunya. Ia meminta, seluruh pihak menyelamatkan masa depan pengguna dan pecandu narkoba agar tidak pupus melalui rehabilitasi,‰ÛÏApalagi pemerintah telah menyepakati upaya rehabilitasi kepada pengguna dan pecandu narkoba, bukannya dipenjarakan. Oleh karenanya 2014 dicanangkan sebagai Tahun Penyelamatan Pengguna Narkoba,‰Û tukas Siswandi.

    Aksi simpatik yang diikuti ratusan massa ini juga meneriakkan untuk menjauhi dan tidak mencoba gunakan narkoba. Aksi serupa akan terus digelar sebagai komitmen melawan narkoba. (pas)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here