Sosalisasi Bahaya Narkoba dengan Dongeng

    0
    78

    Rabu, 4 Desember 2013, JAKARTA ‰ÛÒ Direktorat Diseminasi Informasi Deputi Bidang Pencegahan Badan Narkotika Nasional (BNN), mengembangkan metode sosialisasi bahaya penyalahgunaan narkoba bagi anak-anak SD dengan metode mendongeng, ‰ÛÏMetode ini dirasa cukup efektif untuk melakukan sosialisasi tentang bahaya narkoba bagi anak-anak SD, hal itu bisa dilihat dari respon para siswa yang mendengarkan dongeng yang menceritakan tokoh Kapten BeNN dalam menangani masalah penyalahgunaan narkoba,‰Û jelas Rotua Sihotang, dari BNN, ketika ditemui usai menggelar sosialisasi bahaya penyalahgunaan narkoba di SD Strada Petamburan V, Tanah Abang, Jakarta Pusat, kemarin.

    Selanjutnya Rotua mengatakan, yang menarik pada sosialisasi kali ini adalah bagaimana anak-anak tersebut diberikan pengetahuan dengan cara yang lebih mudah untuk dimengerti. Anak-anak diajak berperan aktif untuk dapat mengambil suatu keputusan apakah mau ikut dan tertarik jika ditawari permen-permen yang didalamnya mengandung zat berbahaya seperti narkoba, atau menolaknya, ‰ÛÏBerbagai macam cara pencegahan sederhana diberikan untuk menolak penyalahgunaan narkoba, diantaranya selalu dekat dengan Tuhan, perbanyak kegiatan positif, banyak membaca, dan mengetahui perkembangan informasi mengenai bahaya penyalahgunaan narkoba,‰Û katanya.

    Clarissa Rikani, salah satu murid SD Strada mengungkapkan, apa yang disampaikan dalam dongeng tadi sangat menarik, kesan BNN yang kelihatannya seram karena banyak polisi menjadi bersahabat dan memberikan penjelasan dengan cara yang menghibur.

    Sementara di ruang kelas yang lain para wali murid juga diberikan pengetahuan dan pembekalan mengenai bahaya penyalahgunaan narkoba. Kabid Pencegahan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) DKI Jakarta, Sapari, menjelaskan,‰ÛÏOrangtua dan anak perlu bekerjasama untuk melakukan peran serta membantu pemerintah dalam hal ini BNN agar terwujudnya Indonesia Negeri Bebas Narkoba tahun 2015‰Û.

    Salah seorang Wali Murid, SD Strada, Jonathan, mengaku senang dengan apa yang diberikan oleh BNN kepada anaknya, ‰ÛÏSetelah mendengarkan penjelasan dari BNN, saya dapat mengajak anak saya untuk berdiskusi lebih lanjut mengenai penyalahgunaan narkoba dan pencegahannya, untuk mencegah narkoba memang harus dimulai dari lingkungan keluarga,‰Û tandasnya. (pas)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here