Tips Mudah Mengajak Anak Diskusi Soal Narkoba

Tips Mudah Mengajak Anak Diskusi Soal Narkoba

Melihat fakta kasus narkoba pada anak muda semakin marak, membuat banyak orang tua ingin melakukan percakapan dengan anak remaja mereka tentang pemakaian narkoba, agar sang buah hati tidak ikut terjerumus. Hal ini memang sangat dianjurkan, namun pastikan waktunya tepat dan tidak mengganggu kegiatan mereka.

Berikut adalah sejumlah cara yang bisa orangtua lakukan untuk berbicara dengan anak remaja mereka tentang narkoba.

  1. Usahakan tidak menggunakan cara menjelaskan seperti dalam kelas kuliah. Cobalah dengan cara mendengarkan pendapat dan pandangan anak remaja Anda tentang narkoba. Yakinkan mereka bahwa mereka bisa jujur kepada Anda selaku orangtuanya.
  2. Jangan juga memakai taktik menakut-nakuti. Lebih baik Anda menjelaskan bahwa pemakaian narkoba bisa mempengaruhi hal-hal yang penting bagi anak remaja Anda, seperti berpengaruh buruk pada kesehatan dan penampilannya.
  3. Diskusikan juga cara untuk menolak ajakan atau tekanan teman sebayanya untuk memakai narkoba. Anda bisa  dengar pendapat anak remaja Anda tentang bagaimana cara menolak tawaran narkoba yang tepat.
  4. Anda harus siap bagaimana Anda akan merespons jika anak remaja Anda bertanya seputar narkoba. Beri tahu mereka mengenai dampak bahayanya mengonsumsi narkoba.

Itulah beberapa tips mudah mengajak anak diskusi soal narkoba. Semoga bermanfaat!

(A. Rakhmanto)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *