Milenial Harus Merdeka dari Narkoba!

Milenial Harus Merdeka dari Narkoba!

Kamu semua pasti sudah tahu bahwa kemerdekaan Indonesia diperoleh melalui perjalanan panjang dan perjuangan yang keras dari para pahlawan dalam merebut kemerdekaan dari para penjajah. Perjuangan tersebut harus dimaknai dan dilanjutkan oleh kita para generasi milenial dan sudah menjadi kewajiban kita sebagai generasi muda untuk terus mempertahankan dan mengisi kemerdekaan Indonesia.

Sebagai generasi milenial, kita memang tidak lagi perlu mengangkat senjata dan turun ke medan perang untuk membela dan mempertahankan kemerdekaan. Tapi ingat, ada satu perang yang sampai saat ini masih harus dihadapi oleh bangsa Indonesia, termasuk kita sebagai generasi milenial, yaitu perang melawan narkoba.

Perang melawan narkoba ini harus disikapi dengan serius karena faktanya penyalahgunaan narkoba di kalangan generasi milenial saat ini telah menjadi masalah global di banyak negara, termasuk salah satunya negeri tercinta Indonesia.

Berdasarkan hasil survei 2018 yang dilakukan oleh BNN dan LIPI di 13 ibu kota provinsi disebutkan, pada kelompok pelajar/mahasiswa penyalahgunaan narkoba dalam satu tahun terakhir sebesar 3,2% atau setara dengan 2,3 juta orang. Sedangkan, pada kelompok pekerja sebesar 2, 1 % atau sekitar 1, 5 juta pekerja.

Angka yang sangat besar ini harus menjadi peringatan kita semua bahwa upaya penanganan permasalahan narkoba tidak cuma harus dilakukan secara masif tapi juga harus lebih agresif, khususnya bagi generasi yang lahir pada era milenium (tahun 2000 ke atas). Kenapa? Karena, masa depan bangsa dan negara berada di tangan kelompok generasi milenial.

Menurut Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komisiaris Jenderal Polisi Heru Winarko, pada puncak peringatan Hari Anti Narkoba Internasional – HANI 2019 yang diadakan di Gedung Tribrata, Jakarta, Rabu (26/6), generasi millenial harus bisa menggelorakan semangat membara untuk menyadarkan seluruh komponen bangsa dalam membangun solidaritas sebagai upaya mencegah dan memberantas penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika yang menjadi ancaman kehidupan berbangsa, bernegara, dan bermasyarakat!

Pemerintah, melalui BNN (Badan Narkotika Nasional) sudah melakukan banyak cara dan upaya untuk memerangi narkoba dan membebaskan generasi muda Indonesia dari narkoba. Tapi ingat, pemerintah juga butuh dukungan masyarakat, termasuk kita para generasi milenial.

Nah, sebagai generasi milenial kita juga harus ikut berjuang memerangi narkoba dengan cara membuka wawasan, menambah pengetahuan, dan meningkatkan kesadaran pentingnya perilaku hidup sehat tanpa menyalahgunakan narkoba. Hindari bergaul dengan lingkungan yang kurang sehat dan bisa menjerumuskanmu ke hal-hal yang negatif dan selalu katakan tidak jika ditawarkan narkoba, walaupun mungkin yang menawarkan adalah sahabatmu sendiri!

Mari manfaatkan momentum semangat kemerdekaan negeri tercinta di bulan Agustus ini untuk lebih bersemangat dan pantang menyerah memerangi narkoba di Indonesia!

(A. Rakhmanto)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *