Bingung Ramadhan Mau Ngapain? Yuk simak tips berikut..

Ramadhan hadir ditengah pandemic covid-19, sebagai generasi muda yang biasanya padat jadwal buka puasa bersama ataupun kumpul bareng teman menjadi harus taat kebijakan dengan memutus mata rantai penyebaran corona virus untuk di rumah aja serta menghindari kerumunan. Puasa tahun ini pun terasa lebih berat karena menuntut untuk lebih tangguh menjaga kondisi fisik dan mental ditengah pandemic dengan tetap produktif dari rumah.

Nah, apa saja sih yang bisa dilakukan selama bulan ramadhan di tengah pandemic covid-19?

  1. Evaluasi Diri

Perlu banget untuk mengevaluasi diri dalam melaksanakan bulan ramadhan tahun sebelumnya. Disadari atau tidak, banyak target yang belum tercapai dalam bentuk ibadah di bulan ramadhan.

  1. Perencanaan

Waktunya untuk membuat target apa saja yang harus dipenuhi selama menjalankan ibadah ramadhan di rumah ajah. Perencanaan juga menjadi bagian sangat penting, hal tersebut merupakan salah satu proses tahapan peningkatan produktivitas dimana suatu proses menentukan hal-hal yang ingin dicapai serta menentukan berbagai tahapan yang diperlukan untuk mencapai tujuan pada bulan ramadhan tahun ini.

  1. Strategi Produktif

Perlu adanya strategi khusus dalam pelaksanaannya karena kita sudah mengevaluasi diri dan membuat perencanaan, seperti; melaksanakan skala prioritas dari daftar yang sudah dibuat dalam perencanaan, mencari support system atau teman-teman yang mendukung lancarnya target-target yang sudah direncanakan. Dalam situasi dan kondisi saat ini, orang-orang serumah bisa dijadikan pilihan, atau teman-teman virtual bisa menjadi pengingat ketika rasa malas mulai menggelayuti.

  1. Alat dan Metode Produktif

Alat produktif yang digunakan untuk menyusun to do list dapat menggunakan manual maupun digital yang template-nya bisa ditemukan di jejaring internet. To do list juga bisa dibuat secara langsung maupun bertahap.

  1. Komitmen dan Konsisten

Dua hal ini menjadi bagian utama dalam sebuah produktivitas, komitmen yang kuat dan konsistensi yang harus dipertanggung jawabkan. Dengan menggenggam komitmen dan konsisten, akan memudahkan strategi berjalan.

Jadi, sobat cegah .. yuk tetap produktif selama bulan ramadhan di rumah ajah!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *