Tips Efektif Menjauhkan Anak dari Narkoba

Tips Efektif Menjauhkan Anak dari Narkoba

Orang tua memiliki andil sangat besar dalam melindungi anak-anak dari ancaman narkoba yang merupakan barang ilegal dan berbahaya tersebut. Ingin tahu bagaimana caranya? Berikut adalah tips efektif menjauhkan anak dari narkoba yang bisa Anda coba.

  1. Jalin komunikasi tentang bahaya narkoba

Salah satu cara paling efektif untuk mencegah penyalahgunaan narkoba pada anak adalah dengan cara melakukan komunikasi tentang bagaimana zat ini berbahaya bagi mereka. Jelaskan selengkapnya tentang efeknya bagi tubuh, psikologis, dan masa depannya.

  1. Fokus pada hal positif

Diskusikan dengan sang buah hati, bagaimana cara mengambil keputusan yang bertanggung jawab tanpa terpengaruh dari perilaku lingkungan sekitar dan teman sebaya. Jangan ragu juga untuk memuji prestasi yang dilakukan sang buah hati supaya membangun harga dirinya. Dorong mereka untuk aktif terlibat dalam kegiatan positif seperti olahraga, seni lukis, dan kegiatan lain yang disukainya. Jangan lupa juga untuk selalu luangkan waktu bersama anak, baik itu hanya sekedar makan malam bersama dan mengetahui kegiatannya di sekolah atau rumah.

  1. Selalu mencontohkan kebiasaan yang baik

Orangtua adalah contoh bagi anaknya. Karena itulah anak tak jarang meniru perilaku orangtuanya. Kalau Anda merokok, ada kemungkinan sang anak juga berpeluang untuk merokok juga. Sama halnya dengan mengonsumsi alkohol ataupun narkoba. Itulah sebabnya, selalu lakukan kebiasaan positif supaya sang buah hati mencontoh hal positif pula.

  1. Terapkan peraturan di rumah

Melarang sang buah hati memakai narkoba harus menjadi peraturan yang diterapkan keluarga. Peraturan yang dibuat harus spesifik, konsisten dan masuk akal. Contoh, Anda wajib menjelaskan konsekuensi kepada tiap anggota keluarga kalau melanggar aturan. Apa hukumannya, bagaimana pelaksanaanya, dan apa tujuan hukuman tersebut. Jangan lupa untuk menjelaskan kepada buah hati jika aturan yang dibuat itu sifatnya tetap dan berlaku di mana saja dan kapan saja.

  1. Kenali pergaulan anak

Jangan abaikan lingkungan pergaulan anak di luar rumah, termasuk saat ia sekolah. Kenali siapa saja teman mainnya, teman sekolah atau teman hang out. Cari tahu latar belakang keluarga teman-teman anak Anda. Bukan bermaksud mengajarkan anak untuk sombong, namun untuk lebih selektif dalam bergaul itu penting.

Pastikan sang buah hati bergaul dengan mereka yang memberi pengaruh positif. Kalau Anda mencurigai ada temannya yang berperilaku aneh dan terindikasi memakai narkoba, jangan ragu memintanya untuk menjauhi temannya tersebut. Ingat, pengaruh teman pada anak remaja begitu besar. Bahkan tidak jarang mereka lebih percaya pada temannya, daripada pada orangtuanya. Jadi, jangan ragu bertindak tegas.

Semoga informasi ini bermanfaat!

(A. Rakhmanto)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *