Terapkan Lingkungan Kerja Bebas dan Bersih dari Narkoba

0
234

Menjadi bagian dari suatu instansi atau perusahaan mengharuskan kita beradaptasi dengan lingkungan kerja dimana kita berada.  Menurut Sedarmayanti (2001:12) kondisi lingkungan kerja bisa disebut baik atau sesuai jika manusia bisa menjalankan aktivitas dengan optimal, sehat, aman dan nyaman. Lingkungan kerja menjadi faktor penting dalam mendukung segala kegiatan di dalamnya.

Umumnya, seseorang menghabiskan waktu 8 jam per hari untuk bekerja, sehingga sangatlah penting untuk menciptakan kondisi yang kondusif. Kondisi tersebut dapat tercipta apabila tiap individunya mampu berkoordinasi dengan baik untuk sama-sama membangun keadaan yang nyaman dan tidak mengganggu kolega lain dalam bekerja.

Tak jarang, terdapat beberapa pekerja yang terperangkap dalam dunia penyalahgunaan narkotika. Faktor lingkungan kerja yang buruk, ketidakmampuan individu untuk menolak ajakan kawan yang menawarkan narkotika, tekanan dari atasan, banyaknya pekerjaan yang belum terselesaikan dianggap sebagai penyebab pekerja menggunakan narkotika. Padahal, penggunaan barang haram tersebut tidaklah menyelesaikan persoalan yang sedang dihadapi. Justru menambah masalah yang membahayakan diri.

Perlu diingat, kemampuan menciptakan lingkungan kerja yang baik datang dari kerja sama tiap-tiap pegawai. Ruang kerja yang layak, tingkat kebisingan yang rendah, menyediakan fasilitas pendukung seperti tempat ibadah dan dapur serta atasan yang mampu mengapresiasi pegawainya, merupakan beberapa indikator yang berpengaruh untuk kinerja pegawai.

Cerdas bekerja dimulai dari lingkungan kerja yang aman, nyaman dan bersih dari narkoba!. (Asri)

#cegahnarkoba #stopnarkoba

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here