Thursday, 13 September 2018 09:31

Sehat Fisik dan Psikis dengan Meditasi

Sehat Fisik dan Psikis dengan Meditasi Photo By Freepik.com

Sebagian orang berpendapat bahwa meditasi adalah aktivitas yang menjenuhkan. Posisi duduk sila sambil mengatur pernapasan dan fokus pikiran dianggap tidak mudah. Dibutuhkan konsentrasi penuh, ketenangan dan ruangan yang kondusif untuk melakukannya. Padahal kegiatan ini dapat dilakukan tanpa biaya atau peralatan khusus sehingga memudahkan siapapun untuk melakukannya. Berikut ini manfaat meditasi yang perlu diketahui:

Meredakan Stress

Banyaknya beban pikiran dan persoalan yang belum dapat terselesaikan terkadang membuat seseorang menjadi stres. Dalam keadaan seperti ini, meditasi sangatlah berguna. Para peneliti menemukan bahwa semua peserta yang berlatih meditasi lebih tenang dan tidak stres dibandingkan dengan orang yang tidak bermeditasi (kutipan dari hellosehat.com). Dengan meditasi seseorang akan mendapatkan ketenangan karena mereka mampu mengontrol emosinya.

Kesehatan Jantung

Salah satu tahapan meditasi ialah mengatur pernafasan. Tahap ini mampu mengontrol tekanan darah sebab oksigen yang dialirkan ke seluruh bagian tubuh melalui darah menjadi lebih lancar. Hal ini juga menurunkan resiko penyakit jantung.

Meregangkan Otot

Dengan posisi duduk yang tegap sembari mengatur nafas, meditasi dipercaya dapat merilekskan otot-otot yang kaku, khususnya bagian tulang belakang yang sering membawa beban berat atau duduk terlalu lama selama bekerja. Posisi ini membantu meregangkan sendi-sendi yang kaku sehingga tubuh menjadi lebih sehat.

Menghindarkan Diri dari Kebiasaan Buruk

Melalui meditasi, seseorang diajarkan untuk mengatur konsentrasi dan membebaskan pikiran dari hal-hal negatif. Meditasi  dapat membantu mengalihkan diri dari kebiasaan buruk, misalnya, waktu yang semula terbuang sia-sia untuk kegiatan yang tidak bermanfaat seperti clubbing, atau menggunakan obat-obatan terlarang dapat dipergunakan untuk bermeditasi. Selain itu, pikiran pun akan terfokuskan pada tahapan meditasi lain seperti olah nafas dan rasa.

Dari empat manfaat di atas, dapat dilihat bahwa meditasi tidak hanya berguna bagi kesehatan fisik tetapi juga psikis. Seseorang dapat merasakan manfaat meditasi apabila dilakukan dengan rutin dan teknik yang benar. Cobalah mengikuti kelas meditasi apabila belum dapat melakukannya sendiri dan ajak teman untuk bersama-sama melakukan kegiatan yang positif. (asri)

#cegahnarkoba #stopnarkoba

Read 41 times Last modified on Friday, 14 September 2018 00:48
Login to post comments
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…