Thursday, 02 August 2018 04:36

Ibu Pecandu Narkoba, Bayi Kena Dampaknya

Mengetahui bahwa seorang wanita sedang mengandung buah hati tercinta adalah hal yang sangat membahagiakan. Apalagi jika kehadiran seorang anak sudah lama dinantikan. Semua calon ibu akan sangat menjaga janin dalam kandungannya dan memperhatikan tiap asupan makanan yang ia konsumsi. Namun, bagaimana jadinya jika ibu tersebut adalah seorang pecandu narkoba?

Saat seorang wanita sedang mengandung, apapun yang dikonsumsinya juga turut dikonsumsi si janin melalui aliran darah ke plasenta. Oleh sebab itu, narkoba yang dikonsumsi oleh ibu hamil tidak hanya berbahaya bagi dirinya sendiri, namun juga memiliki efek buruk bagi si buah hati. Bahkan efek buruk penyalahgunaan narkoba oleh ibu hamil  ini juga akan dirasakan hingga si kecil tumbuh dewasa. Lalu apa sajakah dampaknya?

Saat masa kehamilan, janin sangat rentan keguguran hingga berakibat janin mati dalam kandungan. Kelainan atau cacat fisik juga dapat terjadi apabila bayi telah lahir. Jika ibu mengonsumsi narkoba dengan cara diminum, bayi juga ikut mengonsumsinya melalui ASI. Dampaknya, pertumbuhan dan daya tahan tubuh si bayi sangat lemah, ia rentan terkena penyakit. Sementara, apabila si ibu menggunakan jarum suntik sebagai media untuk pemakaian narkoba, bayi akan mudah tertular HIV dan Hepatitis C. Saat tumbuh dewasa, si anak cenderung mudah gelisah, tidak dapat berkonsenterasi dengan baik, tidak dapat mengontrol emosi dan masalah lainnya.

Penting untuk diketahui, bahwa seorang wanita yang sedang hamil kondisi fisiknya lebih rentan dibanding wanita normal. Para dokter kandungan menganjurkan agar wanita hamil banyak mengonsumsi sayur, buah-buahan segar dan susu. Tidaklah dianjurkan untuk minum obat-obatan secara berlebihan, apalagi narkoba. Sebab efek buruk bukan hanya dirasakan oleh sang ibu tetapi juga bayi dalam kandungannya hingga si bayi tumbuh dewasa.

Asri Gartika

Read 184 times
Login to post comments
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…