Wednesday, 25 July 2018 05:54

Selipkan Obrolan Mengenai Bahaya Narkoba Saat Family Trip

Oleh: Asri Gartika

Pentingnya komunikasi dan interaksi orang tua dengan anak menjadi kunci utama dalam membangun kedekatan emosional. Komunikasi yang baik mempengaruhi pembentukan karakter anak dalam perkembangannya. Anak menjadi lebih terbuka dan menganggap orang tua selayaknya teman sebagai tempat bercerita. Namun, dewasa ini sering kali ditemukan adanya gap antara anak dan orang tua yang disebabkan minimnya rasa percaya dan komunikasi. Terlebih, pergaulan anak zaman sekarang kerap kali lepas dari pengawasan orang tua.

Mengatasi hal tersebut, ada beberapa cara yang dapat dilakukan orang tua untuk mendekatkan diri dengan anak. Agar tak terasa kaku, orang tua dapat mengadakan perjalanan wisata atau family trip. Dalam waktu-waktu senggang ajak si anak berbicara dengan santai, salah satunya tentang bahaya penyalahgunaan narkoba. Sebab, orang tua tidak pernah tahu pergaulan anak di luar rumah dan seperti apa teman-temannya.

Salah satu bentuk komunikasi yang dapat dilakukan saat family trip adalah dengan mengingatkan si anak untuk tidak menerima apapun dari orang yang tidak dikenal, memperingati mereka sedini mungkin untuk tidak merokok serta dampak yang akan didapatkan apabila hal tersebut tetap dilakukan. Menolak secara halus apabila ditawari minuman beralkohol atau diajak ke club malam.

Mendeteksi masalah narkotika sedari dini dapat dimulai dari lingkup lingkungan yang paling kecil, seperti keluarga. Peran keluarga dalam upaya pencegahan penyalahgunaan narkotika sangatlah penting. Selain itu, orang tua kerap kali kecolongan atas perilaku anak yang kemudian dianggap menyimpang atau aneh. Atas dasar itu lah, family trip dapat dipilih sebagai salah satu upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba. Buatlah suasana sesantai mungkin dan perlakukan si anak layaknya teman. Sehingga si anak tidak merasa tertekan.

#HANI2018 #ListenFirst #WorldDrugDay #stopnarkoba #cegahnarkoba

Read 172 times Last modified on Wednesday, 25 July 2018 09:58
Login to post comments
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…