Universitas Trisakti Tegaskan Komitmen Kampus Bebas Narkoba

0
93

Jakarta, Indonesiabergegas – Penggalakan anti narkoba di kalangan kampus bagi mahasiswa/i terus diadakan demi mewujudkan Indonesia bebas narkoba. Sekretaris Umum Divisi Mahasiswa Anti Narkoba Universitas Trisakti Maria Helena mengatakan informasi mengenai narkoba perlu disebarluaskan secara terus menerus. Hal ini bertujuan agar para generasi muda khususnya mahasiswa/i dapat memperoleh pengetahuan yang benar dan cukup sehingga dapat menjadi bekal bagi mereka agar tidak gampang ikut terjerumus penyalahgunaan narkoba ujar Maria.

Hal itu disampaikan Maria saat menggelar diskusi dengan deputi bidang pencegahan BNN di Auditorium Gedung S, Universitas Trisakti, Grogol Petamburan, Jakarta Barat Kamis7/4/2016.

Hadir sebagai narasumber Kasi Media Konvensional Deputi Bidang Pencegahan BNN, David Hutapea. Dalam paparannya David mengatakan hal yang bisa kita lihat sekarang ini adalah jumlah prevalensi penyalahguna narkotika yang tinggi mengakibatkan Indonesia menjadi negara sasaran peredaran gelap narkotika, apalagi dengan banyaknya remaja dan mahasiswa/i yang menjadi sasaran empuk bagi para pengedar untuk menghancurkan masa depan Indonesia papar David.

“Karena itu pencegahan paling mendasar yang bisa kita lakukan bersama-sama adalah dengan terus memberikan informasi dan dan mengaktualisasikan diri dengan berkreatif sehingga kita mempunyai kegiatan yang positif,” tambah David.

Sementara itu Wakil Rektor III sekaligus Ketua Tim Penanggulangan Penyalahgunaan Narkoba (TPPN) Universitas Trisakti Hein Wangania, mengatakan bahwa sejak tahun 1999, Universitas Tri Sakti memiliki komitmen untuk menjadikan Trisakti sebagai kampus bebas narkoba dengan mengeluarkan Surat Keputusan Rektor tentang larangan peredaran dan dan penyalahgunaan narkoba di dalam kampus.

“Kami bersepakat karena dahulu ada isu bahwa Usakti merupakan gudang pengguna narkoba, maka itu kami mengeluarkan SK tersebut dan mewajibkan para calon mahasiswa baru untuk dites urine dengan tujuan memastikan mahasiswa/I bebas narkoba dan menciptakan lingkungan kampus yang sehat dan bersih. Kami pun melakukan tindakan tegas bagi mahasiswa/i yang ketahuan dan positif menyalahgunakan narkoba dengan diberikan skors sampai dikeluarkan juga. Hal ini sudah kami lakukan sejak tahun 1999. Kami berharap bahwa Usakti terus berkomitmen dan aktif melakukan kegiatan seperti ini sehingga terus tumbuh pemuda/i yang peduli bahaya penyalahgunaan narkoba bagi generasi selanjutnya, tutup Hein

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here