STAN SEGERA BENTUK SATGAS ANTI NARKOBA

0
95

Rabu, 30 April 2014, BANTEN – Sikap tegas menanggulangi narkoba ditunjukkan mahasiswa Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN). Mereka akan segera membentuk Satuan Tugas (Satgas) Mahasiswa Anti Narkoba STAN yang berfungsi mengawasi setiap pergaulan di kampus, “Nantinya, satgas ini bekerja menyampaikan bahaya narkoba ke masyarakat kampus. Berbagai program akan dilaksanakan untuk memberitahukan tidak bermanfaatnya mengonsumsi narkoba,” kata Ketua Program Studi D3 Pajak STAN, Chairul Denil, pada acara Pemberdayaan Perguruan Tinggi dalam P4GN bersama Badan Narkotika Nasional (BNN) di Tangerang Selatan, Banten, Selasa (29/4).

 Selanjutnya Chairul menegaskan, pihaknya tidak ingin narkoba merusak dan menghancurkan kehidupan STAN. Untuk itu dalam kerja satgas nanti bukan hanya mensosialisasikan narkoba, satgas ini juga akan mengajak mahasiswa STAN untuk terlibat aktif membentengi lingkungan dalam dan luar kampus dari pengaruh narkoba, “Sehingga diharapkan, mahasiswa yang tidak tergabung di satgas juga peduli pada barang berbahaya itu. Bukan berarti adanya satgas lalu yang lain acuh, aksi satgas juga perlu didukung kelompok mahasiswa lainnya,” terangnya.

Menurut Chairul, STAN melalui satgas juga akan selalu membangun kemitraan dengan aparat berwenang seperti kepolisian dan BNN. Tujuannnya bila suatu saat ditemukan adanya penyalahgunaan narkoba, dapat segera diambil tindakan oleh kedua instansi itu,“Kami tidak berwenang memproses hukumnya, tetapi upaya menangkalnya akan selalu STAN lakukan,” ujar Chairul.

Menyoal tata tertib kampus, STAN telah cukup tegas. Sejak awal mahasiswa yang diterima kuliah di kampus tersebut dijelaskan mengenai sangsi yang terlibat narkoba,“Mahasiswa itu akan langsung kami keluakan dari kampus. Namun bagi pengguna, kami arahkan keluarganya agar merehabilitasi supaya bisa mencapai cita-citanya lagi. Kalau pegedarnya, kami berkoordinasi dengan polisi atau BNN untuk ditangkap,” papar Chairul.

Menanggapi kepedulian STAN tersebut, Kasubdit Lingkungan Pendidikan BNN AKBP Nurnaningsih mengemukakan, keterlibatan perguruan tinggi menanggulangi narkoba turut menyelamatkan masa depan anak bangsa, “Apalagi, kampus merupakan wadah yang mencetak generasi penerus bangsa,” paparnya. (pas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here