Perusahaan Dihimbau Untuk Tes Urin Karyawan Secara Berkala

Jakarta, Indonesia Bergegas.com – Partisipasi aktif seluruh komponen masyarakat sangat diperlukan dalam upaya mengimunkan masyarakat, termasuk pula di tempat kerja terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba. Menumbuhan sikap menolak narkoba dan menciptakan lingkungan bersih narkoba di tempat kerja merupakan salah satu hal yang dapat diterapkan di tempat kerja. Hal itulah yang disampaikan Antar MT. Sianturi, Deputi Pencegahan BNN saat membuka kegiatan Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba di Lingkungan Pekerja Tahap III yang diikuti perwakilan PT. Bank Mega, PT. Armoxindo Farma, PT. Express Group, PT. Orang Tua Group, PT. Hotel Indonesia Natour, dan anggota Dekranasda DKI Jakarta pada tanggal 8 April 2015, di Ruang Melody, MTH Square, Jakarta Timur. Menurutnya, Program P4GN di tempat kerja harus dikembangkan dengan melibatkan para pemangku kepentingan, baik itu pemberi pekerjaan, manajemen, dan karyawan.

Dalam UU No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, juga telah mengisyaratkan bahwa masyarakat, termasuk pekerja, harus berperan serta bantu upaya P4GN, tambah Supardi, Kepala BNN Kota Jakarta Timur. Upaya P4GN di tempat kerja  dapat berupa program bantuan bagi karyawan (Employee Assistance Program/EAP). EAP dirancang untuk menyelesaikan permasalahan tempat kerja atau personel yang berdampak negatif terhadap kinerja. EAP tidak terbatas pada isu-isu alkohol dan narkoba lainnya. Skrining calon pegawai, tes acak pada waktu yang tak diumumkan, general check up setahun sekali, family day, sepeda sehat, outbound, dll merupakan contoh-contoh program yang dapat di terapkan.

Dalam paparannya, Supardi menyebutkan bahwa hasil dari 22 perusahaan (pembelajaran negara berkembang) pada September 2012  menunjukkan bahwa EAP dapat menurunkan hingga 29 % keterlambatan, 14 % bolos, 35 % kecelakaan kerja, 70 % penggunaan narkoba ilegal, dan meningkatnya jumlah karyawan yang tidak peminum, dan menurunnya angka peminum rutin.

Dalam sesi terakhir, Paulina G. Padmohoedojo menyebutkan bahwa Program P4GN di tempat kerja harus bersifat win win proposition bagi semua pihak pemangku kepentingan di tempat kerja. Programnya harus mencakup Kesehatan, Keselamatan, Keamanan, dan Kesejahteraan Pekerja. Paulina juga menghimbau agar nantinya para peserta mau menerapkan Program P4GN di tempat kerjanya masing-masing. Menurutnya Program P4GN di tempat kerja merupakan hal positif yang wajib dilakukan, mengingat  program tersebut akan berdampak positif bagi kemajuan perusahaan.  Pekerja yang sehat akan produktif, keselamatan pekerja membaik, motivasi pekerja meningkat, dan corporate image juga meningkat. Prevention is Goood Business, tutupnya. (cyd_oen)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *