Peran Masyarakat dalam Ciptakan Lingkungan Bebas Narkoba

Peran Masyarakat dalam Ciptakan Lingkungan Bebas Narkoba

Permasalahan penyalahgunaan narkotika di negara kita memang sangat mengkhawatirkan dan membutuhkan kerjasama seluruh pihak, termasuk juga dalam menangani masalah penyalahgunaan narkoba yang akhir-akhir ini cukup marak di lingkungan masyarakat. Untuk menekan penyalahgunaan narkoba tersebut maka semua pihak wajib terlibat dalam pemberantasan, pencegahan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di negeri tercinta, Indonesia.

Lingkungan harus mampu menjadi tempat yang aman untuk seluruh warganya. Karena itulah, menjadi kewajiban seluruh masyarakat untuk bisa menciptakan lingkungan yang aman, tentram dan jauh dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

Terapkan Kembali Kebijakan Wajib Lapor

Untuk mencapai lingkungan yang ideal, termasuk lingkungan yang bebas narkoba, masyarakat bisa melakukannya dengan beberapa cara. Salah satu contohnya adalah dengan menerapkan kembali kebijakan wajib lapor bagi tamu 1×24 jam supaya tamu-tamu yang datang dan bertamu di lingkungan bisa lebih terkontrol.

Kebijakan wajib lapor ini tidak hanya bisa mencegah kejahatan narkoba, tapi juga dinilai sangat efektif untuk mencegah terjadinya kejahatan terorisme yang beberapa tahun terakhir juga semakin sering terjadi.

Tanamkan Nilai Positif dalam Keluarga

Sebelum membina masyarakat maka yang wajib dibina terlebih dahulu adalah seluruh anggota keluarga di rumah. Keluarga sebagai unit terkecil dari masyarakat juga harus mampu menanamkan nilai-nilai positif kepada seluruh anggota keluarganya.

Tiap-tiap anggota keluarga harus saling memperhatikan satu sama lain sehingga kalau terlihat terjadi perubahan pada salah satu anggota keluarga bisa cepat diketahui penyebabnya.

Laporkan Anggota Keluarga yang Terindikasi Menyalahgunakan Narkoba

Saat ini tidak jarang untuk orangtua yang mengetahui anaknya merupakan penyalahguna narkoba, enggan melaporkannya kepada pihak berwenang. Padahal hal ini melanggar hukum dan bisa mendapatkan sanksi 6 bulan kurungan penjara. Karena itulah, bagi orang tua yang tahu anaknya menjadi pecandu narkoba, segeralah lapor ke Institusi Penerima Wajib Lapor (IPWL) yang sudah tersebar di 33 provinsi.

Setelah IPWL menerima laporan, para pecandu akan mendapat pertolongan berupa rehabilitasi medis agar ia bisa hidup normal kembali. Rehabilitasi medis ini bebas biaya alias gratis. Tapi ingat, rehabilitasi ini hanya diberikan untuk pemakai dan bukan untuk pengedar. Jika diketahui penyalahguna tersebut juga merupakan pengedar maka harus tetap diproses secara hukum yang berlaku.

(A. Rakhmanto)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *