ORANGTUA CERDAS, SELAMATKAN ANAK DARI NARKOBA

0
126

Rabu, 22 Januari 2014, JAKARTA – Menjadi orangtua di zaman modern ini begitu sulit, mereka harus memiliki pengetahuan dan keterampilan yang baik, bagaimana mengenali anak yang sudah terkena narkoba atau masih imun. Orangtua yang cerdas akan mampu menyelamatkan anak-anaknya terbebas dari penyalahgunaan narkoba.

Menurut Tim Asistensi Badan Narkotika Nasional (BNN), Paulina, mengenali pengguna, dapat dilihat dari perilaku mereka, “Dimulai dari sulitnya bersosialisasi dan berkomunikasi dengan keluarga serta teman hingga ditemukannya berbagai barang bukti seperti pil, serbuk maupun jarum suntik dirumah. Perubahan fisik juga dapat terlihat dari turunnya secara drastis bobot tubuh hingga mata yang menjadi merah,” kata Paulina, di hadapan Ibu-Ibu PKK dalam Focus Group Discussion (FGD) yang digelar BNN di Pisangan Timur, Rawamangun, kemarin.

Lantas apa yang harus dilakukan para orangtua jika mengetahui anaknya positif menjadi pecandu narkoba?

“Pelukan perhatian, serta dukungan dari orangtua sangatlah penting bagi para pecandu. Bantu mereka agar bisa termotivasi untuk bisa pulih dari ketergantugan. Rehabilitasi para pengguna adalah cara bijak untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penjara diperuntukan bagi para pegedar,” jelas Paulina.

Pengguna adalah korban yang harus dibantu agar dapat kembali pada kehidupan yang normal. Kembali bersekolah dan meneruskan cita- cita serta menjadi harapan orangtua mereka. Jangan biarkan satu anak mati sia-sia hanya karena narkoba. (pas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here