Nagari Bersinar Diharapkan Menjadi Program Unggulan Di Sumatera Barat

Nagari Bersinar Diharapkan Menjadi Program Unggulan Di Sumatera Barat
BNNP Sumatera Barat memberikan pembekalan Nagari Bersinar kepada Perwakilan Dinas Kabupaten dan Provinsi. Kegiatan ini dilaksanakan pada Selasa 5 September 2019 bertempat di Hotel Grand Zuri yang dihadiri oleh perwakilan Kementerian Desa (Kemendes). Pada kesempatan ini hadir sebagai narasumber Kabid P2M BNNP Sumbar dan Wakil Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur. Dalam pemaparannya Kabid P2M berharap Program Nagari Bersinar, menjadi formula yang mujarab untuk pencegahan yang efektif, karena dengan pola dari Nagari untuk Nagari dengan cara membentuk relawan dan penggiat anti narkoba di Desa/Kelurahan/Nagari secara masif, diperlukan pendekatan yang langsung menyentuh akar rumput.
Melalui pola tersebut diharapkan pemahaman masyarakat bertambah melalui sosialisasi, memantau kebiasaan masyarakat dan mengarahkan kepada kegiatan yang positif, serta memiliki kemampuan untuk menjangkau dan membawa para korban penyalahgunaan ke Balai Rehabilitasi yang dirujuk BNN.
Dengan sinergi antara BNN dengan Kemendes dan Kemendagri, diharapkan pola aksinya lebih terarah dan memperoleh hasil yang optimal, serta angka prevalensi semakin lama semakin menurun. Hingga lajunya mampu dikendalikan dan penyalahguna semakin menurun hingga hilang.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *