Minuman Herbal yang Berkhasiat untuk Kesehatan Tubuh

Minuman Herbal yang Berkhasiat untuk Kesehatan Tubuh

Alasan seseorang memakai narkoba belakangan ini cukup beragam. Mulai dari peningkat stamina, menjaga mood, dan lain sebagainya. Padahal hal tersebut justru berdampak buruk pada kesehatan tubuh mereka. Ada cara yang lebih baik dan sehat untuk meningkatkan stamina serta kesehatan tubuh, yaitu rutin mengonsumsi minuman herbal.

Nah, negara kita sudah sangat lama dikenal kaya akan tanaman rempah-rempahnya, mulai dari jahe, kunyit, temulawak dan masih banyak lagi. Mayoritas tanaman inilah yang banyak diolah menjadi berbagai macam olahan herbal yang membawa banyak manfaat kesehatan bagi tubuh, dan salah satunya minuman herbal.

Berikut adalah beberapa olahan minuman herbal khas Indonesia yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh.

Wedang secang

Minuman ini adalah minuman herbal khas Mojokerto, Jawa Timur. Pembuatan wedang secang ini berbahan dasar kayu secang yang direbus lalu ditambah sedikit gula pasir. Selain bisa meningkatkan stamina, manfaat lain yang didapat dari mengonsumsi wedang secang adalah bisa membantu menurunkan risiko penyakit jantung, sebagai antibiotik alami.

Beras kencur

Minuman tradisional yang satu ini sudah cukup terkenal di banyak wilayah Indonesia. Berbahan dasar beras dan kencur, beras kencur yang bisa menambah tenaga dan stamina ini memiliki cita rasa asam manis ini juga punya banyak manfaat kesehatan lainnya, seperti sebagai obat sariawan, mengatasi pegal linu, meningkatkan imun tubuh, dan masih banyak lagi.

Wedang uwuh

Wedang uwuh adalah minuman herbal yang cukup terkenal bagi kebanyakan masyarakat di pulau Jawa, khususnya masyarakat Bantul, Yogyakarta. Minuman ini punya nama yang cukup unik, yaitu uwuh yang artinya adalah sampah dalam Bahasa Jawa. Punya rasa manis pedas dan juga aroma herbal yang begitu harum, minuman herbal ini punya manfaat kesehatan seperti membantu menurunkan kolesterol, kaya akan antioksidan, dan meningkatkan stamina.

Itulah minuman herbal khas Indonesia yang berkhasiat untuk meningkatkan stamina dan kesehatan tubuh yang patut dicoba. Selain tidak menimbulkan efek samping, minuman-minuman herbal tradisional ini juga kini mudah dijumpai di hampir seluruh wilayah Indonesia.

Ingat, jangan sekali-kali memakai narkoba hanya untuk meningkatkan stamina karena tidak hanya akan membuat kecanduan, narkoba juga berefek buruk untuk kesehatan tubuh.

(A. Rakhmanto)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *