MANTAN PENGGUNA NARKOBA DILATIH KOMPUTER DAN CUCI STEAM MOBIL

0
80

Rabu, 13 Agustus 2014, JAKARTA – Direktorat Pasca Rehabilitasi Deputi Rehabilitasi Badan Narkotika Nasional (BNN) akan memberikan pelatihan keteramplan bagi 10 mantan pengguna narkoba yang dikirim dari Balai Besar Rehabilitasi BNN Lido, Bogor, ke rumah dampingan Cipinang Besar, Jakarta Timur. Ini merupakan tahap IV Rumah Dampingan menerima mantan pengguna narkoba yang akan mengikuti program pasca rehabilitasi. Sebelum mengikuti berbagai kegiatan dan pelatihan seperti komputer, Cuci Steam Mobil/Motor dan Handicraf, mereka diberikan pengarahan oleh Koordinator Rumah Dampingan Cipinang Drg. Trisnawati dan Program Manager Rumah Dampingan Wilis Wulandari.

Dalam arahannya, Trisnawati menjelaskan, 10 residen tersebut telah mengikuti rehabiltasi primery  selama 6 bulan di Balai Besar Rehabilitasi BNN di Lido Bogor, kemudian mereka akan mengikuti program lanjutan pasca rehabilitasi  di Rumah Dampingan Cipinang Besar Jakarta Timur,” jelas Trisnawti, ketika ditemui usai memberikan bekal dan arahan kepada residen yang akan menjalani program pasca rehabilitasi selama dua bulan di Rumah Dampingan, Cipinang Besar, Jakarta, Selasa (12/8).

Selanjutnya Trisnawati menjelaskan, dalam mengikuti program pasca rehabilitasi di Rumah Dampingan, para residen diarahkan untuk dilatih berwirausaha, diantaranya dilatih mencuci mobil dan motor dengan steam, dilatih mengoperasikan komputer, dan membuat ketrampilan tangan Handycraf, “Selain itu mereka juga tetap diberikan after care meeting, support group therapy, dan relaps prevention. Mantan pengguna  narkoba di Rumah Dampingan Cipinang, mendapatkan konseling dari psikolog dan medis dari dokter,” jelas Trisnawati.

Sementara itu, Direktur Pasca Rehabilitasi BNN, Yunis Farida Oktoris, yang ditemui di ruang kerjanya, berharap  para residen dapat mengikuti dan menjalani program pasca rehabilitasi dengan baik dan serius agar mereka bisa kembali hidup normatif, produktif dan tidak relaps. Kunci untuk pulih dari ketergantungan narkoba ialah meningkatkan kualitas hidup, lepas dari kecanduan zat adiktif saja tidak cukup, “Banyak treatmet yang perlu diberikan kepada pecandu untuk kembali meningkatkan produktivitas. Bekal keterampilan, kesiapan mental, serta dukungan dari keluarga, teman, dan lingkungan sekitar memiliki peran penting dalam membantu mereka kembali dalam kekehidupan normal,” ujarnya. (pas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here