Kami Adalah Keluarga Yang Kuat

Kami Adalah Keluarga Yang Kuat

Modul intervensi ketahanan Keluarga, telah diterapkan di 4 wilayah Jawa Barat yaitu Kota Bandung, Kota Cianjur, Kabupaten Bandung Barat dan Cimahi. Peserta intervensi ketahanan keluarga adalah hasil seleksi dari perwakilan siswa dan orangtua yang telah mengikuti rangkaian kegiatan mulai dari rapat koordinasi, pre test dan diakhir kegiatan harus mengikuti post test, serta berkomitmen mengikuti program sampai akhir kegiatan.

Seluruh peserta terlihat antusias di setiap sesi yang diikuti. Salah satu materi yang disajikan diantaranya adalah berbicara tentang perilaku anak dan bagaimana perhatian mengubah perilaku. Para peserta dilatih tentang bagaimana cara mengatasi stres.

Pada sesi memahami stres, tujuannya untuk membantu anak dan orangtua mamahami sudut pandang masing-masing tentang stres. Dari rangkaian pertanyaan ditujukan kepada peserta anak kemungkinan menyebabkan stres di sekolah, diperoleh hasilnya menghadapi guru galak di sekolah dan beban tugas dari sekolah, dan pertengkaran orangtua. Dengan demikian orangtua dapat memahami tingkat stres anak, dan bagaimana menyikapi hal tersebut. Tantangan orangtua dalam menghadapi stres, yaitu pertengkaran dengan pasangan dan anggota keluarga yang mengalami sakit, perilaku inilah yang berdampak kepada perilaku anak.

Berbagi pengalaman dalam mengikuti kegiatan Model Intervensi Ketahanan Keluarga wilayah Jawa Barat menyisakan kesan yang mendalam bagi para peserta di wilayah Kabupaten Bandung Barat, Parongpong, Sabtu (14 /09/2019) yang lalu.

Yuyun, salah satu perwakilan orangtua murid SMPN 1 Parongpong, menceritakan kesan mendapatkan tambahan wawasan, pengetahuan dan bagaimana cara menyikapi perilaku anak. Dengan mengikuti pelatihan ini, anak saya sekarang lebih disiplin dan bisa bertanggungjawab.

Hal senada juga disampaikan oleh Annisa, perwakilan SMPN 1 Parongpong, dengan mengikuti program ini, saya mendapatkan pengalaman dan ilmu yang benar-benar bermanfaat dan bisa tahu mana pergaulan yang positif dan mana yang negatif serta ilmu yang di dapat bisa berbagi ilmu dengan teman-teman. Dengan mengikuti program ini dapat melatih keberanian saya berbicara di depan banyak orang, intinya kegiatan ini benar-benar positif dan bermanfaat.

Di akhir Sesi peserta membacakan slogan keluarga secara Bersama-sama “Kami adalah keluarga yang kuat dan saling mendengarkan, bekerja sama dan bersenang-senang”.

(Yuli)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *