Jurnalis Diajak Ikut Perangi Penyalahgunaan Narkotika

Jurnalis Diajak Ikut Perangi Penyalahgunaan Narkotika
Jakarta, Indonesiabergegas – Permasalahan penyalahgunaan narkotika di Indonesia membutuhkan partisipasi semua pihak agar dapat diatasi atau dikendalikan. Hal ini penting karena saat ini permasalahan narkotika sudah merambah sampai pelosok negeri.

Media massa memiliki kapasitas untuk menyampaikan informasi pada masyarakat tentang persoalan narkotika. Tak hanya itu, awak media juga bisa menjadi duta anti narkotika yang terjun langsung memberikan pemahaman akan bahaya narkotika di tengah – tengah masyarakat.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Tindak Pidana Pencucian Uang Badan Narkotika Nasional (BNN), Rokhmad Sunanto saat memberikan materi dalam diskusi panel bertajuk “Hukum Acara Pidana Narkotika Dalam Perspektif Media Massa”, di Jakarta, Kamis (6/10).

Menurut Rokhman, semua stake holders harus saling bersinergi dalam upaya menangkal ancaman bahaya narkotika sesuai dengan perannya masing – masing.

“Media dapat memberikan pemahaman pada masyarakat dengan informasi yang akurat. Akan tetapi kami mohon juga agar jika ada hal yang memang perlu dirahasiakan, maka disimpan dahulu, agar upaya pengungkapan kasus bisa berjalan maksimal”, sambung Rokhmad

Khususnya dalam bidang pemberantasan lanjut Rokmand, upaya yang dilakukan tak cukup  hanya dengan menangkap para sindikatnya, akan tetapi juga harus dilanjutkan dengan merampas aset – asetnya jelas Rokmand.

Menanggapi soal aset dirampas dari tangan para sindikat, Erni Mustikasari, Jaksa Madya dari Kejaksaan Agung (Kejagung) menyatakan, bahwa pihak pengelola hasil rampasan adalah pihak Kementerian Keuangan, sedangkan yang menjadi eksekutornya adalah Kejaksaan Agung.

Erni melanjutkan, aset rampasan dari sindikat narkotika itu diharapkan nantinya dapat mendukung kegiatan pencegahan dan pemberantasan serta rehabilitasi. Akan tetapi menurutnya, aset itu nantinya akan dinilai dulu oleh tim di Kejagung, apakah sesuai dengan tugas pokok dari pihak pemohon, misakan dalam hal ini BNN.

#stopnarkoba

Edit: Oscar

Sumber: Humas BNN

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *