Hati-hati Penyalahgunaan Dumolid!

0
449

Jenis obat ini mulai tenar ketika Polisi mendapati 30 butir Dumolid yang disimpan pasangan artis Tora Sudiro dan Mieke Amalia di kediamannya. Tora mengaku, ia mengonsumsi obat tersebut lantaran alami Insomnia atau kesulitan tidur. Pada dasarnya, Dumolid memang dikenal sebagai salah satu obat yang digunakan untuk mengatasi Insomnia, dengan catatan harus disertai resep dokter dan dosis yang tepat.

Dumolid sendiri masuk dalam Psikotropika golongan IV, yang artinya mempunyai potensi ringan dalam menyebabkan ketergantungan dan dapat digunakan untuk pengobatan tetapi harus menggunakan resep dokter. Dalam dunia medis, Nitrazepam 5 mg, nama generik dari Dumolid, digunakan untuk mengatasi gangguan tidur atau Insomnia dan kejang.

Namun seringkali, penggunaan Dumolid disalahgunakan. Beberapa orang membelinya secara illegal dan mengonsumsinya melebihi dosis. Penyalahgunaan ini memiliki efek yang berbahaya diantaranya:

  • Masalah pencernaan
  • Ketergantungan
  • Amnesia
  • Halusinasi
  • Stroke
  • Serangan jantung

Selain efek di atas, penyalahgunaan Dumolid dapat menyebabkan gejala depresi, ledakan emosi yang berlebihan, koma hingga kematian apabila dikonsumsi tanpa resep dokter.

Untuk mengatasi masalah Amnesia sendiri ada baiknya bila pasien menjalani terapi dan rutin konsultasi dengan dokter. Jangan pernah gunakan atau membeli obat sembarangan tanpa anjuran dokter dan ahli. (Asri)

#stopnarkoba #cegahnarkoba

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here