BNNP Gorontalo Gandeng Guru BK Menjadi Relawan Anti Narkoba

0
70

Gorontalo, Indonesiabergegas – Dalam rangka menciptakan lingkungan sekolah yang bersih dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba, Badan Narkotika Nasional Provinsi Gorontalo menggandeng para guru Bimbingan Konseling (BK) sebagai kader anti narkoba di daerah itu. Hal ini terlihat dari kegiatan bimbingan teknis yang digelar BNNP Gorontalo di New Rahmat Hotel, Gorontalo pekan lalu. Sebanyak 20 orang guru BK dari kota Gorontalo, kabupaten Bone Bolango dan Kabupaten Gorontalo mengambil bagian dalam kegiatan itu. 

Langkah strategis ini diambil BNNP Gorontalo karena banyak ditemukan pelajar yang menjadi korban penyalahgunaan narkotika jenis Benzodiazepin dan bahan adiktif lainnya, seperti Lem Ehabon dan magic mushroom.

Kepala BNNP Gorontalo Purwoko Adi mengatakan, pemerintah dalam hal ini BNN tidak dapat bekerja sendiri dalam menangani permasalahan penyalahgunaan narkoba. oleh karena itu,  butuh peran dan dukungan dari guru BK sebagai rekan pemerintah dalam melaksanakan program Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di lingkungan sekolah ujar Purwoko.

“Mengapa sasaran BNNP adalah Guru BK, karena tugas pokok guru BK adalah menjadi fasilitas dalam mendeteksi adanya kecenderungan pelajar menyalahgunakan narkotika, terlebih bila pelajar sedang dalam menghadapi masalah” sambung Purwoko.

Guru BK sebagai relawan anti narkoba memiliki tanggung jawab mulia dalam memantau perilaku anak didiknya, jangan sampai ada pelajar yg terlibat dalam penyalahgunaan narkotika” tegas Purwoko.

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) BNNP Gorontalo. Abdul Muchars Daud mengatakan pemberdayaan menjadi upaya memobilisasi seluruh elemen di lingkungan pendidikan untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap penyalahgunaan narkoba yang meliputi aspek pencegahan, rehabilitasi & pemberantasan. Oleh karena itu mari bersama menyelamatkan generasi bangsa dari penyalahgunaan narkotika tutup Abdul Muchars. (Osc) 

#stopnarkoba

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here