BNNP DKI Jakarta Ajak Lapas, Rindam, Pusdik TNI dan RS Suyoto Sebagai Tempat Rehabilitasi

Jakarta, Indonesia Bergegas.com – BNN melalui Direktorat Penguatan Lembaga Rehabilitasi Instansi Pemerintah Deputi Bidang Rehabilitasi melaksanakan kegiatan Peningkatan Kemampuan Petugas Pelaksana Rehabilitasimelalui Modalitas Therapeutic Community (TC)di Hotel Ibis Jakarta, tanggal 6 sampai dengan  9 April 2015.Kegiatan yang berlangsung selama 4 hari ini diikuti oleh 40 orang petugas rehabilitasi yang berasal dari instansi pemerintah terkait yang akan mendukung pelaksanaan rehabilitasi di daerah DKI Jakarta.

Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi DKI Jakarta Drs. Ali Johardi, mengatakan  salah satu upaya untuk mendukung program rehabilitasi terhadap 100 000 penyalahguna narkoba adalah dengan memanfaatkan lembaga non rehabilitasi di lingkungan lembaga/instansi pemerintah dengan mendayagunakan fasilitas layanan kesehatan dan layanan sosial untuk rawat jalan dan rawat inap bagi pecandu dan korban penyalahgunaan Narkotika.

Kondisi ini dilakukan mengingat permasalahan Narkotika merupakan tanggung jawab seluruh Kementerian dan lembaga termasuk TNI dan Polri, Lapas serta Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota ujarnya.

Menurut Ali saat ini di DKI Jakarta sudah ada 3 Lapas, 1 Rindam, 1 Pusdik TNI, dan RS Suyoto yang akan dijadikan tempat rehabilitasi rawat inap dalam mendukung program rehabilitasi 100 000 penyalahguna narkoba.

Sementara itu kasubdit Fasilitasi Lembaga Rehabilitasi Instansi BNN Dra Ni Made Labasari mengatakan dalam rangka mendukung program rehabilitasi diperlukan upaya persiapan yang sungguh-sungguh, baik dari segi fasilitas maupun SDM, salah satunya adalah dengan meningkatkan kemampuan petugas bagi instansi pemerintah yang digunakan sebagai tempat rehabilitasi sehingga dapat memberikan layanan rehabilitasi kepada pecandu dan korban penyalahgunaan narkotika secara maksimal dan sesuai standar yang telah ditentukan. (edit_osc_oen)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *