Alasan Pemakai Narkoba Masih Takut Direhabilitasi

Alasan Pemakai Narkoba Masih Takut Direhabilitasi

Rehabilitasi adalah cara yang paling ampuh menyembuhkan mereka yang sudah kecanduan narkoba. Tapi ternyata rehabilitasi sampai saat ini masih ditakuti oleh para pemakai narkoba. Kenapa bisa demikian?

Para pemakai narkoba masih takut direhabilitasi karena adanya anggapan atau stigma pemakai narkoba itu sama dengan pelaku kriminal.  Stigma masyarakat bahwa pemakai narkoba adalah pelaku tindak kriminal membuat para pecandu narkoba menjadi takut melaporkan diri untuk bisa mengikuti proses rehabilitasi narkoba.

Stigma ini harus segera dihilangkan karena sejatinya mereka yang memakai narkoba, adalah korban penyalahgunaan. Korban (pemakai narkoba) bukan pelaku tindak kriminal perlu direhabilitasi supaya bisa terbebas dari cengkraman dan ketergantungan narkoba yang bisa merusak kehidupan sosial mereka. Karena itu, BNN sudah cukup lama mengajak masyarakat mensosialisasikan program rehabilitasi kepada korban penyalahgunaan narkoba tanpa perlu rasa takut dituntut pidana.

BNN terus mengingatkan kepada setiap keluarga, supaya segera melaporkan keluarganya yang menjadi pemakai narkoba ke rumah sakit atau ke IPWL yang tersebar di 33 provinsi dan Poliklinik BNN. Kenapa harus segera dilaporkan? Sebab, pengguna narkoba harus segera direhabilitasi supaya bisa segera terbebas dari kecanduan narkoba.

Tidak perlu takut melapor ke rumah sakit atau IPWL karena selama hanya pengguna, mereka tidak akan dipidana penjara. Yang akan diproses pidana adalah mereka yang juga mengedarkan narkoba. Jadi kalau memang hanya pengguna, akan diproses untuk menjalani rehabilitasi narkoba saja, tidak akan dipidana.

(A. Rakhmanto)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *