30 Orang Petugas Rehabilitasi di NTT Iku Pelatihan Assesmen

30 Orang Petugas Rehabilitasi di NTT Iku Pelatihan Assesmen

Kupang, Indonesiabergegas – Sebanyak 30 orang petugas rehabilitasi instansi pemerintah mengikuti pelatihan asesmen yang digelar oleh Direktorat Penguatan Lembaga Rehabilitasi Instansi Pemerintah (PLRIP), Deputi Bidang Rehabilitasi di Kupang 8 sampai 12 Juni 2015.

Peserta tersebut terdiri dari RS Angkatan Laut, RS Angkatan Udara, RS Wirasakti Kupang, RS S.K Lerick Kota Kupang, RSUD Soe, RSUD Naibonat, RSUD Kefamenanu, RSUD Belu, RS Waingapu, Pusk Puskesmas Kota Kupang, Sikumana, Oebobo, Lapas Penfui Kupang, SPN Kupang dan BNNP Nusa Tenggara Timur (NTT)

Direktur PLRIP, Brigjend Pol Ida Oetari Poernamasasi mengatakan acara itu bertujuan untuk Meningkatkan pengetahuan dan kemampuan petugas rehabilitasi instansi pemerintah dalam bidang asesmen melaksanakan rehabilitasi bagi pecandu narkoba sehingga pecandu narkoba mendapatkan pelayanan rehabilitasi yang optimal.

“Cakupan pecandu yang perlu di rehabilitasi adalah pecandu bukan suntik dan pecandu suntik dengan total 1.190.000 orang.   Diharapkan dalam 10 tahun, total pecandu tersebut dapat menerima layanan rehabilitasi. Dengan arti lain, jumlah yang akan di rehabilitasi per tahunnya adalah kurang lebih 100.000 orang pecandu” papar Ida.

Sementara itu kepala BNN Provinsi NTT Drs. Dando D Aloysius mengatakan  untuk mensukseskan Gerakan Rehabilitasi100.000 Pecandu narkotika tersebut, BNN membutuhkan banyak asesor yang terlatih dan bersertifikat dari Kemenkes sebagai perpanjangan  BNN dalam upaya merehabilitasi pecandu di Indonesia.

Nara sumber dr.Yosi Eka Putri dari BNN menjelaskan asesmen merupakan proses penting dalam pemulihan pecandu, karena pada dasarnya asesmen ini bertujuan untuk mengembangkan recana terapi  dan  menentukan program atau layanan spesifik yang akan dilakukan terhadap para penyalahguna atau pecandu narkoba. Dengan dilakukannya asesmen, petugas terapi dapat mengkaji masalah medis pecandu dan kondisi lain yg perlu menjadi perhatian khusus, menegakkan diagnosis, dan menyusun rencana terapi. (osc_ant)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *