Bentengi Anak dengan Pendidikan Agama

    0
    28

    Jumat 2 Mei 2014, JAKARTA – Peran guru dalam mendidik muridnya tidak berbeda dengan orang tua di rumah. Murid adalah anak kandung para guru di lingkungan sekolah untuk diberikan pengajaran yang bermanfaat bagi kehidupannya kelak.

    Sama halnya dengan orang tua, guru juga menekankan moral sebagai pondasi utama kepada anak muridnya. Dengan begitu ilmu pengetahuan yang diperoleh dapat diterapkan untuk perbuatan yang baik,‰ÛÏSalah satunya memberikan pemahaman kepada mereka agar jangan gunakan narkoba,‰Û ujar Sekretaris Kelurahan Rawamangun, Jakarta Timur, Sri Mulyati, pada kegiatan Pemberdayaan Masyarakat dalam P4GN bertema Peran Guru dan Orang Tua Menyelamatkan Anak Bangsa dari Narkoba, yang digelar Forum Betawi Bersatu, di Jakarta, Rabu (30/4).

    Selanjutnya Sri Mulyati mengatakan, ketegasan terhadap itu tentu saja diikuti pendidikan pekerti dan agama dari orang tua serta guru. Anak yang mempunyai pemahaman tentang agama akan menghindari narkoba karena ingin menjadi contoh pekerti yang baik bagi lainnya,‰ÛÏSemua itu diawali dari orang tua mengarahkan anaknya berperilaku tidak merugikan lingkungan sekitarnya,‰Û kata Mulyati.

    Menurutnya, orang tua dan guru jangan sekadar memberitahukan anaknya tidak mengonsumsi narkoba. Itu akan menjadi percuma bila tidak disertai alasan-alasan mengapa harus dihindari,‰ÛÏUntuk menjelaskannya, orang tua dan guru harus mempunyai informasi mengenai bahaya narkoba dan efek sampingnya,‰Û tandasnya.

    Sementara itu, Ketua RW 03 Kelurahan Rawamangun, Ahmad Zein, menyatakan keprihatinannya semakin maraknya penyalahgunaan narkoba di kalangan anak-anak dan remaja. Atas situasi tersebut, lanjutnya, orang tua dan guru penting melindungi anak dari barang berbahaya tersebut.

    Sedangkan Kasubdit Lingkungan Kerja dan Masyarakat Badan Narkotika Nasional (BNN) Dik Dik Kusnadi menyatakan, sekarang Indonesia telah berubah dari negara persinggahan narkoba menjadi penghasil karena kurangnya kepedulian,‰ÛUntuk menanggulangi itu, orang tua dan guru dituntut perhatiannya pada anak dan lingkungan pergaulannya,‰Û tandasnya. (pas)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here