Waspada Jika Anak Tunjukkan Perubahan Sikap Drastis

0
117
Sumber : Dok.Humas BNN

Jakarta, Indonesia Bergegas.com – Maraknya masalah narkoba saat ini menuntut semua orang tua harus waspada terhadap perkembangan buah hatinya. Ada empat hal yang harus diantisipasi, pertama cara dia bicara, cara dia berpikir, bertingkah laku dan emosinya. Perubahan sikap yang drastis bisa jadi dipengaruhi penyalahgunaan narkoba.

Anggota Kelompok Ahli BNN bidang rehabilitasi, dr Kusman Suriakusumah mengatakan, jika cara berbicara sang anak sudah di luar kebiasaanya orang tua harus pahami dan melakukan antisipasi. “Atau jika ada perubahan yang drastis dari bertingkah laku, berpikir dan emosinya, maka itu juga perlu untuk diantisipasi”, imbuh Kusman.

Satu hal yang juga harus pahami oleh para orang tua adalah jika sang anak menunjukkan sikap yang bandel maka itu juga bisa dipengaruhi oleh depresi. “Depresi itu karena ada sesuatu yang hilang dari dirinya, bisa perhatiannya dari orang tua yang hilang, atau hal-hal yang lainnya”, kata pria yang pernah menjabat sebagai Deputi Rehabilitasi BNN.

Hal-hal tersebut di atas harus menjadi perhatian yang ekstra karena ada kaitan yang sangat erat dengan penyalahgunaan narkoba. Karena itulah, orang tua diminta untuk lebih bijak dalam memantau tumbuh kembangnya sang anak.

Senada dengan hal tersebut, Adrian, Komisioner Komnas Perempuan juga menghimbau agar para orang terutama ibu agar menguatkan perannya dalam mendeteksi kerentanan anak-anak dari penyalahgunaan narkoba.

Berbicara masalah proteksi terhadap anak dari ancaman narkoba, Adrian juga berharap agar pihak penyelenggara pendidikan mulai memikirkan tentang program penguatan imunitas untuk anak-anak agar mereka bisa menolong diri sendiri saat sakit atau saat menghadapi rayuan dari para bandar atau pengedar.

“Dengan program seperti itu, mereka bisa menolong diri sendiri dan juga menolong orang lain”, ungkap Adrian. (bd_oen)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here