Monday, 12 October 2015 09:09

BNN Perlu Rangkul Media Massa Untuk Cegah dan Perangi Kejahatan Narkoba

Jakarta, Indonesiabergegas - Kondisi Darurat Narkoba yang kini menjadi permasalahan di negara kita, tentunya menjadi perhatian segenap stakeholder. Oleh karena itu butuh kerjasama lintas sektoral dan lembaga agar permasalahan tersebut tidak semakin meluas dan menyerang generasi muda bangsa.

Hal tersebut menjadi kesimpulan atas Kegiatan Sarasehan Advokasi P4GN di Epicentrum Walk, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin, 12/10/2015. Sebanyak 42 peserta dari berbagai Media Massa baik lokal maupun nasional hadir dalam kegiatan tersebut.

Dalam sambutannya kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen (Pol) Budi Waseso mengatakan media diharapkan memiliki kepedulian yang tinggi akan permasalahan narkoba di tanah air. Selain itu, media secara praktis dapat melakukan upaya pencegahan dini dengan mencantumkan stop narkoba atau perangi narkoba pada pojok atas koran sebagai bentuk kepedulian media cetak terhadap kondisi bangsa. Media cetak harus punya taring melawan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba pesan Budi Waseso.

Dalam paparannya Budi Waseso kembali menyampaikan arahannya untuk segera mengevaluasi UU Narkotika terkait rehabilitasi. Sebelumnya dalam berbagai kesempatan mantan kepala Bareskrim Polri ini menekankan tentang perlunya evaluasi UU Narkotika.

“UU ini perlu direvisi agar tidak sembarang orang terlebih oknum bandar/pengedar bisa masuk ke tempat rehab. Saya berharap media massa benar-benar dapat menjadi bagian dan pelopor pencegahan narkoba dengan mengedukasi masyarakat akan pentingnya menjaga pola hidup sehat. Saya sudah berharap tahanan narkoba dibangunkan Lapas khusus di pulau terluar dan diasingkan, hal ini sudah direspons oleh KemenkumHAM dan Presiden RI ujar Budi Waseso.

Lebih jauh menurut Budi Waseso, kedepan perlu dilakukan kampanye “Daerah Bebas Narkoba” di seluruh Wilayah DKI Jakarta serta melibatkan Pemerintah DKI Jakarta. Disamping itu akan dilakukan penguatan oleh Diknas untuk menyempurnakan buku Narkoba.
Selain itu, bentuk upaya pemberantasan yang segera direalisasikan adalah bersinergi dengan TNI untuk memberantas peredaran gelap narkoba dan mengekeksekusi kapal maupun angkutan lainnya yang terbukti menjadi target operasi, papar Budi Waseso.

Sementara itu Deputi Pencegahan BNN Antar MT. Sianturi mengatakan butuh sinergitas yang kuat antara BNN dengan media cetak dalam aktivitas pencegahan narkoba. Menurut Antar sejauh ini BNN sudah merangkul media cetak berskala nasional maupun lokal untuk ikut mencegah penyalahgunaan narkoba.(osc_ant)

Read 11502 times
Login to post comments
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…