Monday, 17 September 2018 09:00

Kehadiran Mobsos P4GN dan Unit K9 Turut Ramaikan Pengunjung Open House Saint John’s School – Meruya

Kehadiran Mobsos P4GN dan Unit K9 Turut Ramaikan Pengunjung Open House Saint John’s School – Meruya Photo By Cegahnarkoba

Jakarta Barat, Cegahnarkoba – Open House Saint Jhon’s School – Meruya, selama 2 hari mulai 14-15 September 2018 menghadirkan BNN mulai dari seminar pencegahan narkoba, mobsos P4GN, peragaan anjing pelacak unit K9 dan akan ditutup dengan field trip siswa ke Balai Besar Rehabilitasi dan Balai Karantina Anjing Pelacak Narkoba di Lido Oktober mendatang. Hal ini disampaikan oleh Herdina Tambunan, M.Pd Kepala Sekolah SMP dan SMA Saint John’s School – Meruya.

Lebih lanjut, Herdina mengharapkan agar peserta didik sadar bahwa narkoba ada di sekitar mereka dan juga harus tahu darimana saja, apa saja jenisnya dan dampaknya. Generasi sekarang harus tahu bahaya narkoba sudah mengintai mereka. Jadi jika ditawari narkoba, mereka sudah tahu bahwa itu bahaya dan mereka akan menolak karena bahaya akan merampas masa depan mereka.

Kehadiran Mobil Sosialisasi (Mobsos) Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di halaman Saint John’s School – Meruya, Sabtu (15/9/2018) menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung seperti orang tua, siswa, karyawan dan masyarakat sekitar. Karena ini kali pertama pihak sekolah dapat menghadirkan Mobsos P4GN di sekolah, sehingga pengunjung dapat lebih mengenal akan bahaya penyalahgunaan narkoba dan efek jangka panjang yang ditimbulkan bagi para penguna narkoba.

Informasi Edukasi yang disampaikan melalui Mobsos P4GN yang berisi anatomi organ tubuh manusia yang sehat dan terpapar penyalahgunaan narkoba dan contoh jenis narkotika, psikotropika, dan bahan adiktif. Para pengunjung dapat lebih mencermati jenis-jenis narkotika sehingga menambah wawasan masyarakat agar lebih peduli untuk melindungi diri dan anggota keluarga dari penyalahgunaan narkoba. Hal ini sesuai dengan tema open house “Here We Grow”, yaitu agar anak – anak tumbuh dan berkembang lewat edukasi dan informasi supaya mereka selalu berkegiatan positif.

Kehadiran unit K9

Selain Mobsos P4GN, juga menghadirkan Unit K9 (canine, anjing). Peragaan anjing pelacak narkoba milik BNN, bertujuan untuk Komunikasi Informasi dan Edukasi bahwa anjing adalah teman bermain, sahabat bagi pecinta anjing bagi hewan peliharaaan. Namun bagi BNN sebagai Lembaga Penegakan hukum menggunakan anjing ini untuk bertugas. Hal ini disampaikan Donny, Unit Deteksi K9 Subdit Penindakan dan Pengejaran di Lapangan Sekolah Saint Jhon’s School – Meruya, Sabtu (15/9/2018).

Donny menyampaikan bahwa Anjing Pelacak narkoba yang dilatih untuk mendeteksi barang narkoba, sehingga edukasi yang diberikan dengan menggunakan anjing pelacak. Anjing-anjing tersebut dilatih untuk mencari barang-barang yang terlarang, itulah edukasi yang dapat diberikan kepada generasi muda dan masyarakat. Di akhir peragaan, pengunjung diberi kesempatan untuk melihat jenis narkotika dan berfoto bersama dengan anjing pelacak yang dibawa.

Selama peragaan anjing pelacak berlangsung, dijelaskan pula efek penyalagunaan narkoba dalam jangka panjang bagi pengguna narkoba. Hal ini disampaikan oleh Yuliana perwakilan Direktorat Diseminasi Informasi. (yul).

#cegahnarkoba #stopnarkoba

Read 103 times Last modified on Tuesday, 18 September 2018 02:30
Login to post comments
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…