BENTUK MANUSIA YANG BERMORAL

0
71

Jumat, 25 April 2014, JAKARTA – Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Pol Anang Iskandar membuka secara resmi kegiatan Pembentukan Satuan Tugas Mahasiswa Anti Narkoba sebagai upaya pemberdayaan perguruan tinggi dalam P4GN, di Jakarta, Rabu (23/4). Setelah ini, diharapkan kemitraan kampus dan BNN dalam menangkal narkoba semakin besar.

Menurut Anang, kampus adalah tulang punggung dan tumpuan negara. Sebab dari kampus, lahir generasi-generasi muda intelektual yang akan meneruskan kelangsungan kehidupan bangsa,“Tanggung jawab kampus jangan hanya mendidik mereka agar cerdas secara pengetahuan, tetapi juga membentuk manusia yang bermoral,” terang Anang.

Peranan kampus, secara otomatis mencetak generasi muda yang peduli pada persoalan bangsa dan tidak ingin merusak diri sendiri. Salah satunya dengan ikut serta menciptakan situasi kampus yang bersih dari narkoba dan aktif menanggulanginya,”Mahasiswa harus sadar bahwa narkoba dampaknya sangat berbahaya dan menghancurkan masa depannya,  jangan sampai mereka menjadi korbannya,” jelasnya.

Dukungan perangkat kampus juga dirasakan penting dalam mewujudkan lingkungan pendidikan bersih narkoba. Dari hal ini, Anang melihat nilai positif adanya satgas mahasiswa anti narkoba yang nantinya melakukan tindakan-tindakan sesuai kapasitas dan wewenangnya dalam menanggulangi narkoba,“Satgas mahasiswa anti narkoba bukan menjadi polisi yang menangkapi pengedar atau bandar narkoba, tetapi lebih pada tugas mengajak dan membimbing rekan-rekannya turut melakukan langkah-langkah membentengi tempat belajarnya dari barang berbahaya tersebut,” tukasnya.

Anang menegaskan, satgas mahasiswa anti narkoba merupakan aksi nyata masyarakat kampus membasmi narkoba, Bukan sekadar slogan-slogan atau yel-yel saja.

Sedangkan Direktur Peran Serta Masyarakat BNN Brigjen Pol Siswandi mengungkapkan, satgas mahasiswa anti narkoba dapat berkoordinasi dengan aparatur berwenang dalam menanggulangi narkoba. Secara makna, satgas mahasiswa anti narkoba adalah mitra BNN di dunia pendidikan,“Silahkan berkoordinasi dengan kami kapan saja kalau ditemukan adanya penyalahgunaan narkoba,” pungkas Siswandi. (pas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here